Sabtu, 03 Maret 2012

18 Nilai-nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa

Pendidikan adalah sebuah proses untuk mengubah jati diri seorang peserta didik untuk lebih maju. menurut para ahli ada beberapa pengertian yang mengupas tentang defini dari pendidikan itu sendiri diantaranya adalah menurut Juhn Dewey, pendidikan adalah merupakan salah satu prosespembaharuan makna pengalaman. sedangkan menurut H.Horne pendidikan merupakan proses yang terjadi secara terus menerus(abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada Tuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia. nilai-nila pendidikan sendiri adalah suatu makna dan ukuran yang tepat dan akurat yang mempengaruhi adanya pendidikan itu sendiri. diantara Nilai-nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa ada 18 unsur dan nilai yang mana diantaranya adalah (1) Religius; (2)  Jujur; (3) Toleransi; (4)  Disiplin; (5) Kerja Keras; (6)  Kreatif; (7)  Mandiri;  (8)  Demokratis; (9) Rasa Ingin Tahu; (10)  Semangat Kebangsaan; (11) Cinta Tanah Air; (12) Menghargai Prestasi; (13)  Bersahabat/Komuniktif; (14)  Cinta Damai; (15) Gemar Membaca; (16) Peduli Lingkungan; (17)  Peduli Sosial, dan (18) Tanggung-jawab. dari 18 nilai dalam pendidikan karakter bangsa itu Religius berapa pada posisi yang paling inti dan pertama diantara nilai-nilai lainnya.
Religius adalah proses mengikat kembali atau bisa dikatakan dengan tradisi, sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

2 komentar:

  1. terima kasih
    artikel ini memberikan pemahaman awal tentang unsur pendidikan karakter.

    BalasHapus
  2. I am very happy to read this one. Your blog post is really good for our students. Thanks for sharing this article. Now it's time to avail limo service west palm beach for more information.

    BalasHapus